Posted in Jejak Pelangi, My Knowledge

Kunjungi Perpustakaan “The Japan Foundation Jakarta”

japan1

The Japan Foundation Jakarta terletak di Summitmas I, Lt. 2 dan 3, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 61-62, Jakarta 12190 ini didirikan tahun 1979 untuk mengembangkan kegiatan pertukaran budaya maupun informasi antara Jepang dan Indonesia yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan masyarakat Indoenesia.

Salah satu fasilitas yang dimiliki adalah perpustakaan. Perpustakaan dibangun untuk meningkatkan respon serta minat masyarakat Indonesia akan informasi tentang Jepang. Di sini banyak sekali koleksi buku-buku maupun kaset tentang Jepang.

Di perpustakaan ‘The Japan Foundation Jakarta’ mengoleksi berbagai macam :

1. Buku dan Koleksi Referensi

Banyak sekali buku dan koleksi referensi berbahasa Jepang, bahsa Inggris, dan bahasa Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi mengenai Jepang. Materi dari buku itu berkisar tentang tata bahasa, bahasa percakapan, bahasa bisnis, korespondensi, dan kamus.

2. Majalah dan Surat Kabar

Di sini kalian dapat membaca informasi aktual tentang Jepang dalam bidang sastra, ilmu sosial, sinematografi, olahraga, seni, majalah remaja, dan lain-lain.

3. Koleksi Audio Visual


Berbagai koleksi kaset video tentang kehidupan sehari-hari, budaya dan bahasa jepang yang dapat diakses dan digunakan di perpustakaan ini,

Dan yang paling seru, di sini kita bisa menggunakan layanan internet dengan sistem operasi dalam bahasa Jepang dan Inggris. Tetapi layanan internet ini khusus untuk anggota perpustakaan. Kalau kita ingin menggunakan layanan ini, ayo daftarkan dirimu segera! Caranya gampang kok, ikuti prosedur di bawah ini

~ Masyarakat umum peminat budaya dan bahasa Jepang

~ Melampirkan KTP daerah Jabodetabek (paspor dan KITAS bagi orang asing) dan berdomisili di daerah tersebut

~ Mematuhi prosedur dan peraturan yang berlaku.

The Japan Foundation Jakarta juga tidak pilih kasih, semua pengunjung dapat memanfaatkan, fasilitas sebagai berikut

1. Layanan penelusuran koleksi perpustakaan menggunakan online catalogue

2. Layanan penggunaan koleksi buku atau majalah di perpustakaan

3. Layanan penggunaaan koleksi audio visual

4. Layanan fotokopi koleksi perpustkaan

5. Layanan tayangan siaran TV NHK

Bila kita sudah menjadi anggota perpustakaan, ada fasilitas tambahan, yaitu

1. Fasilitas peminjaman buku atau majalah (bisa dibawa pulang)

2. Fasilitas browsing internet setiap hari

3. Menerima bulletin triwulan program kegiatan The Japan Foundation Jakarta

JAM BUKA PERPUSTAKAAN :

Senin, Selasa, Kamis, Jum’at –> 9.30 – 16.00

Sabtu (minggu ke-1,3,5) –> 9.00 – 12.30

Rabu, Minggu, Hari Libur Nasional  –> TUTUP

Sabtu (minggu ke-2 dan 4) –> TUTUP

logo” Gampang kan persyaratannya? Bagi kalian yang suka banget nihon no bunka, let’s join us! Aku punya pengalaman nih, bagi kalian yang tinggal di luar Jabodetabek dan kuliah atau kerja di daerah Jabodetabek disarankan untuk melampirkan Surat Keterangan dari RT/RW tempat tinggal asli. Karena aku dari Madiun dan nggak punya KTP Depok, mau nggak mau aku buat KTP baru di sini. Untungnya ada sodara, so…nggak perlu repot-repot PP Madiun (^_^) Koleksi buku, majalah, bahkan komik di sana keren-keren dan tulisan hiragana semua. Hohohoho… Ganbatte ne!! ^^/ “

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

14 thoughts on “Kunjungi Perpustakaan “The Japan Foundation Jakarta”

  1. wuaaaah , bahkan guw lom ngrus KTP dmn t4 tgl guw skg .

    tp kata ketua RT rumah dolo gw wktu SD d jaktim , pondok gede ,gw lg durus ni KTP ny alhasil gw bs kutan nyontreng party plian gw dsono .bye dpok hhu .

  2. masafumi : idih kk,,ini kan nggak 100% nyalin kalii..cuman info” penting aku catat lagi..weeekkksss…kapan nih kak ke JF lagi??

    LEX : hahaha…enak ajah,,nggak kalii..baca pesanku buat masafumi..hehehe..

    defrimardinsyah : masih level 2 pak,,jadi dikit” ngertinya..boleh”,,mau belajar apa dulu pak?? sebenarnya kalo menurut saya, bahasa jepang itu lebih mudah dari bahasa Inggris..huhuhuhu…

    biska : bis..gimana lo bisa nyontreng??hahaha..

  3. Hallo,,
    saya Onny staf perpustakaan Japan Foundation..
    Barusan ngeliat blognya..wah..wah..makasih banyak udah bantuin promosi perpustakaan JF..hontou ni arigatou gozaimashita..^^

    Ayo,,ajak temen2 lainnya..main2 dulu juga boleh,,asal tetep shizukani shite..hehe..
    toshokan toshite dakara..^^

  4. Buat Onny dan Zafura… arigatou udah mampir ke blog saya (^_^)

    Untuk Onny-san.. Arigtou gozaimasu^^…wah nggak nyangka juga staff perpustakaan JF mampir ke blog saya..hehehe^^ saya senang berbagi informasi kepada teman-teman kalo ada hal yang menarik dan bermanfaat. Salah satu JF ini, tempat yang keren abis. Tapi saya belum berkunjung lagi, pasti saya akan sering main waktu liburan bulan depan. Hohohoho… Udah nggak sabar pengin daftar karena sekarang saya udah punya KTP Depok!!!horeee… \^^/

    Untuk Zafura, haiii Zafuran-san, ogenki desu ka?? dozou yoroshiku ne! Owh..bisa kog,, tapi coba konfirmasi dulu ke perpus JF, biasanya bisa sih. Okeh, met mencoba iah… Ganbatte!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s