Posted in Jejak Pelangi

BEM FISIP UI Perintis Program “Biopori in Action”

Biopori In Action (BIOACT) sebuah program peduli lingkungan dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI 2009 sudah berjalan lima bulan. Ahmad Rifai, Project Officer BIOACT menggerakkan sebuah misi cinta lingkungan dan antisipasi banjir sebagai perintis porgram ini di kampus UI dan belum ada fakultas lain untuk menerapkan sistem lubang-lubang biopori yang bertujuan mengurangi genangan air dan membuat tanah menjadi gembur saat musim penghujan.


Peralihan cuaca yang tak menentu menuntut kita untuk tetap waspada dan segera mencari pemecahan sementara terhadap masalah di musim penghujan, yaitu banyak genangan air yang menganggu. Latar belakang dicetuskan BIOACT adalah kondisi nyata di lingkungan FISIP UI saat musim penghujan dan banyak saran dari mahasiswa yang biasa nongkrong di kantin Takor dan gedung-gedung lain saat musim penghujan banyak air menggenang di mana-mana.




Konsep dari biopori untuk menahan resapan air di bawah tanah, menyuburkan tanah dan menggemburkan pori-pori tanah. Biopori In Action adalah sebuah tindakan nyata yang dilakukan BEM FISIP UI dan tidak sekedar sebagai bahan perbincangan tetapi menjadi tindak kan lebih lanjut.

“Sebelumnya kita konsultasi dan membicarakan ide BIOACT pada Rektor UI, Gumilar Rusliwa Soemantri, bahkan Rektor sangat setuju dan ingin seluruh UI juga diterapkan, tapi kendalanya kita hanya BEM FISIP. Jika seluruh UI kita tangani tidak mungkin karena ada BEM UI,“ Ahmad Rifai menjelaskan secara mendetail.

“Kendala lain adalah koordinasi sumber daya manusia yang butuh waktu panjang. Akhirnya secara realistis dilakukan di FISIP saja, lalu dibicarakan ke Dekan FISIP. Karena lubang biopori tidak bisa dibuat sembarang tempat, kita bekerja sama dengan Tim Biopori Bermotor (Biotor) asuhan Imam Prasodjo, Dosen Sosiologi FISIP UI. Ada sekitar 50 lebih lubang biopori yang dibuat dan tersebar di depan gedung A, Plasa, dekat gedung Koentjaraningrat, samping Takoru, selasar kantin Takor, dan taman dekat Gelas Teko,” lanjutnya.

Pembuatan lubang biopori ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa di FISIP yang diwakilkan melalui Himpunan Mahasiswa masing-masing jurusan, badan semi otonom, dan komunitas-komunitas. BIOACT juga bekerja sama dengan CSR Perusahaan Artha Graha Peduli dan Djarum Bhakti Lingkungan, RCTI, dan media lain yang ada di UI.


Tindak lanjut program ini adakan diteruskan oleh BEM FISIP 2010 yang diketuai oleh Yusuf Hakim Gumilang. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tahun ini tidak akan membuat acara serupa, tetapi lebih pada pemeliharaan yang sudah ada seperti membuat tim pemantau dan memantau agar lubang-lubang biopori dapat berguna dengan baik dan maksimal.

“Ketika banjir diciptakan oleh alam, kita akan jauh lebih dapat menerima bahwa itu adalah sesuatu yang bisa kita benahi. Tetapi jika banjir yang kita buat sendiri dan kita mengeluh, berarti kita tidak belajar dari kesalahan. Kita diciptakan untuk berpikir terkait dengan dampaknya. Buanglah sampah pada tempatnya, manfaatkan tempat sampah yang ada di FISIP. Simple thing, tapi sangat bermanfaat,” tutur ketua BEM FISIP UI 2010 mengakhiri pembicaraan.(*)

nb : temen-temen bisa juga melihat di kabarindonesia.com (karena saya salah satu kontributor dalam Kabar Indonesia) silakan klik http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=4&jd=BEM+FISIP+UI+Perintis+Program+%22Biopori+in+Action%22&dn=20100603225231

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

2 thoughts on “BEM FISIP UI Perintis Program “Biopori in Action”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s