Posted in Jejak Pelangi, My Achievement

“CHILDHOOD MEMORIES” ALA GENG (SEMOGA) EKSIS

Bimsalabim abakadabra… cling..cling..cling \^_^/

Di negeri antah berantah dulunya, saat enam sekawan ini masih imut-imut alias masih culun jadi maba, mereka selalu bermain bersama. Takdir mempertemukan mereka di suatu universitas terkemuka bernama UNIVERSITAS INDONESIA !! Dari latar belakang yang berbeda-beda, mereka dipersatukan dalam sebuah misi yang sama……………………..

GENG (semoga) EKSIS inilah nama geng kita. Geng yang isinya anak-anak eksis dari jurusan komunikasi 2008. Mau tau siapa ajah sih mereka?!? cekidot,,,

IVAN alias IPAN dengan NPM 0806463082, ketua geng berbadan besar yang hobinya main bola sampe-sampe bikin kulitnya nggak seindah dulu lagi (baca: item legam). Kenapa dia jadi ketua geng?? entahlah… tak ada yang tahu. Mungkin karena badan dia paling subur diantara lima kawannya ini.

BETA alias BECIL (beta kecil) DENGAN npm 0806317395, paling bocah diantara kelima kawannya ini dan kebetulan atau disengaja dia cewek sendiri di geng (semoga) eksis yang memang ditakdirkan sudah eksis sebelum masuk geng ini. Walaupun suka diusilin sama salah satu personil dari geng ini (tidak menyebutkan merk), tapi di otak becil ini ide-ide briliant selalu berhamburan. Hobinya suka motret, sampe-sampe motret diri sendiri.

PURI alias UCUY alias TENYOM dengan NPM 0806346445, cowok paling usil dan omongannya selalu bikin orang pengin ngejambak rambutnya! hahaha… tapi dia paling solid diantara semuanya. Cita-cita terbesarnya jadi dokter kandungan, karena itu impian terpendam orang tuanya. Sampai akhirnya dia meniti karir dengan jatuh bangun, guling-guiling, sampe ngesot- ngesot.

RENO alias ENO dengan NMP 0806346451 tapi bukan ENO LERIAN yaa!!!, cowok paling kalem diantara kelima kawannya. Pendiam tapi kalo sudah bergerak, beuh bagaikan kamen raider deh! wush..wush… sigap dan terampil. Dia paling romantis  (kaliiii…) soalnya paling suka nyanyiin lagu pake bass atau gitar akustik gitu deh dan suaranya serak serak banjir gitu. wwkwkwkwkw…

YURGEN alias UJEN dengan NPM 0806357915, cowok cerdas yang satu ini punya impian jadi diplomat, tapi ternyata takdir berkata lain. yah.. walopun emang sama-sama pake jas dan dasi ala parlente-parlente gitu deh. Paling suka baca buku dan berkutat dengan laptopnya. Hmmmm…

HAIKAL alias IKAL dengan NPM 0806322571 (tapi bukan rambutnya lho :D), selalu pasang tampang cool dimana ajah. Paling suka pelajaran MPK dan Komunikasi Global, sampe-sampe dia mirip banget style-nya kayak dosen, ee… akhirnya kejadian juga.

Kita berenam dari geng (semoga) eksis! akan emmulai petualangan kita. Karena sudah 10 tahun tak bertemu… kita memutuskan untuk mengadakan reuni sambil pamer kesuksesan kita dongggggg \^_^/

Mau tau kisah geng (semoga) eksis lebih lanjut???? simak cuplikan berikut ini…

[slideguest id=2089670227126172295&w=400&h=300]


Kalo masih penasaran sama komik perdana kita dan susah bacanya lewat slide, tenang… jangan khawatir, kalian bisa baca kog pelan-pelan dan menghayati. hohohoho.

Emang.. masa kecil memiliki magnet yang luar biasa buat kita semua, tua muda, kakek nenek, bapak ibu, om tante, kakak adik, maupun remaja atau dewasa. Kenangan masa kecil, pasti yang kita inget adalah permainan yang sering kita lakukan saat masa kanak- kanak. Permainan tradisional yang kocak seperti yang udah dimainkan sama geng (semoga) sukses kayak petak jongkok, pedang-pedangan, tepok nyamuk, ataupun koda tempok emang ngegemesin dan bikin pengen mainin sampai kapanpun. Permainan modern yang bisa kita temui dimana saja, tapi permainan tradisional tak akan terkalahkan oleh permainan modern yang super canggih, karena permaian tradisional membutuhkan kebersamaan, canda tawa, dan interaksi manusia satu dengan yang lain.

Kita “geng(semoga) eksis” mengajak kalian semua buat mengenang masa kecil kita, permainan apa nih yang kalian mainkan waktu kecil???

 

Behind the scene alias diary pembuatan project kita ini \^_^/

Geng (Semoga) Eksis terdiri dari enam orang yang bersahabat sejak kecil. Mereka terdiri dari Reno, Beta, Puri, Yurgen, Ivan dan Hyqal. Setelah dewasa mereka berhasil menjadi apa yang mereka cita-citakan. Reno menjadi musisi, Beta menjadi fotografer, Puri menjadi dokter, Yurgen menjadi pengusaha, Ivan menjadi pemain sepak bola dan Hyqal menjadi dosen. Suatu hari mereka memutuskan untuk mengadakan reuni karena sudah bertahun-tahun lamanya mereka berpisah. Dalam reuni tersebut, mereka mengenang masa kecil mereka saat bermain bersama.

Timeline pembuatan:

Pada hari Rabu, 15 Desember 2010. Kami sekelompok mendapatkan brief UAS dari mbak Novi. Isinya menugaskan setiap kelompok untuk melakukan promosi diri mereka. Kelompok kami, tidak berbeda dengan kelompok-kelompok lain, belum mempunyai ide apa-apa setelah keluar dari kelas. Untuk itu, kami lalu segera menggelar rapat besar untuk mencari tema untuk UAS. Beragam ide segera dikeluarkan oleh setiap anggota kelompok. Kami saling melempar tema. Reno mengeluarkan tema resolusi tahun baru, Yurgen mengeluarkan tema pemuda, Hyqal mengeluarkan tema Bhinneka Tunggal Ika di kampus, dan semua tetap berupaya untuk memberikan ide-ide terbaik mereka. Tapi sayang, pertemuan pertama belum membuahkan hasil yang baik. Banyak ide yang dikeluarkan dari setiap orang membuat susah mencari titik temunya. Konsep eksekusinya juga masih simpang siur. Awalnya kami berpikir ingin menggunakan video, lalu ada yang melempar ide membuat stop-motion, dan ada juga yang memberi ide membuat animasi flash dan komik. Ide-ide yang muncul ditampung di pertemuan pertama ini untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan kedua, hari Kamis, 16 Desember 2010. Kami kembali membahas ide-ide yang sudah dikeluarkan sebelumnya, ditambah ide-ide baru yang ada. Konsep stop-motion kembali diangkat. Kali ini idenya menggunakan boneka jari mainan untuk sebagai representasi setiap anggota kelompok. Ide ini tidak jadi dijalankan. Format eksekusi masih berputar-putar antara video, foto-video dan stop-motion. Pertemuan ini tidak dihadiri oleh semua anggota kelompok karena ada yang kuliah. Pembicaraan terhenti kembali.

 

Tidak ada pertemuan selama beberapa hari berikutnya. Semua anggota kelompok sibuk mempersiapkan ujian-ujian take home lain yang dikumpulkan di minggu pertama. Agar tidak kehilangan waktu untuk memperoleh enlightment, setiap anggota kelompok mencari inspirasi sendiri-sendiri dengan cara apapun: menonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, tidur. Tujuannya agar mendapat ide untuk tema ujian ini.

Pertemuan-pertemuan berikutnya, tidak ada yang ingat pada hari dan tanggal berapa. Lagi-lagi menentukan tema besar menjadi masalah. Hingga hari ini kami belum menemukan tema yang kami semua rasa sesuai keinginan. Ide menggunakan boneka jari hasil rapat kemarin dilempar ke kelompok, namun responnya belum menunjukkan kalau semua senang dengan konsep seperti itu. Lalu dilemparlah ide untuk memainkan permainan anak-anak. Latar belakangnya adalah mengingat kembali masa kecil setelah kita beranjak dewasa. Ide ini ternyata bisa diterima oleh semua anggota kelompok. Selanjutnya adalah menentukan dengan format dan media apa karya ini ingin dibuat. Kami kembali berdebat antara membuat video, foto-video, komik, atau stop-motion. Lalu setelah ditimbang-timbang lagi, akhirnya kami sepakat membuat komik sebagai landasan cerita kami dan video berisi permainan-permainan anak-anak yang kita mainkan.

Kami sepakat untuk  melakukan tahap produksi pada hari Sabtu, 25 Desember 2010. Pengambilan gambar dilakukan di kampus FISIP UI Depok selama satu hari. Yang dilakukan adalah sesi pemotretan dan syuting untuk video. Kami menggunakan property yang dimiliki oleh anggota-anggota kelompok saja, agar tidak kesulitan mencarinya. Proses pascaproduksi dan finishing dilakukan di hari berikutnya.

Pada hari pengambilan gambar, jadwal mundur satu jam dari yang ditentukan. Kami berkumpul di kosan Reno dan berangkat bersama dari sana ke kampus. Setibanya di kampus, saatnya bertugas. Yang pertama dilakukan adalah sesi fotografi. Sebelumnya kami telah menyiapkan storyboard sebagai panduan cerita dalam komik. Penggunaan storyboard sangat efektif untuk menentukan apa yang harus dilakukan setelahnya. Sesi fotografi cukup menyenangkan. Ketika matahari berada di puncaknya, kami memutuskan untuk break dan menikmati es doger yang dijajakan di sekitar lokasi pengambilan gambar. Kembali ke pengerjaan tugas. Bagian kedua yang dilakukan adalah syuting permainan-permainan anak-anak. Ini adalah saat yang paling menyenangkan. Kami betul-betul menikmati memainkan semua permainan masa kecil. Tidak terasa jika ini dilakukan untuk tugas kuliah. Semua kegiatan pengambilan gambar dilakukan dengan mengalir begitu saja dan terkadang spontan. Semua anggota kelompok benar-benar menikmati dan benar-benar tertawa selama pengerjaan video.

Proses pascaproduksi berjalan gampang-gampang susah. Gampang karena konsep editing telah direncanakan dengan matang, apa yang ingin ditampilkan dan apa ditampilkan setelah apa. Susah karena kami kesulitan mengolah videonya untuk dimasukkan ke program editing. Susah juga karena ada limitasi dari hardware, komputer yang digunakan tidak cukup kuat untuk mengedit video sehingga harus mencari cara agar videonya dapat diedit. Mulai dari mengconvert, mengcompress, hingga pinjam komputer teman. Tapi akhirnya kami cukup menggunakan komputer sendiri untuk editing.

Rational dan Objective

Kami adalah Geng (Semoga) Eksis. Kami mengangkat Back to Childhood sebagai tema kita. Untuk rasionalisasi, kami menyadari bahwa kita semua pasti pernah bermain permainan anak-anak semasa kecil. Mulai dari petak umpet, petak jongkok, galasin, dan lain sebagainya. Setelah kita beranjak dewasa, kita tidak lagi memainkan permainan seperti itu. Kami ingin mengingat-ingat kembali seperti apa rasanya ketika memainkan permainan-permainan masa kecil itu sekarang, saat kami sudah dewasa. Permainan-permainan masa kecil akan selalu membuat kangen, dan kita semua akan membayangkan betapa senangnya bermain ketika masih anak-anak.

Tujuan yang ingin dicapai dari tema ini adalah agar kita semua mengingat kembali keceriaan yang kita miliki dulu, waktu kecil. Pasti ada kenangan masa kecil yang menyenangkan yang dimiliki semua orang semasa hidupnya. Salah satu yang menyenangkan adalah ketika memainkan permainan-permainan ini. Dengan begitu, harapan kami adalah agar semua bisa tersenyum membayangkan masa lalu ketika mereka memainkan permainan-permainan yang sama. Kalau tidak bisa, harapan kami juga agar semua bisa tersenyum melihat tingkah laku kami yang sudah bukan lagi anak-anak tapi gembira seperti anak kecil saat memainkan permainan-permainan masa kecil.

**selesai**

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

90 thoughts on ““CHILDHOOD MEMORIES” ALA GENG (SEMOGA) EKSIS

  1. permainan waktu kecil yang sering gw mainin itu ada banyak sih… ada petak jongkok, petak umpet, galasin, bola bakar, bola bekel, congklak, orang2an, masak2an, lompat karet, balik papan, dsb….

    tulisannya bagus, tapi kok kaya tulisan anak SMA ya? ups… gw jadi inget buku tahunan SMA gw… hehehe…

    semangat beta CS, semoga dapet nilai A ya…
    (kalo dapet A, traktir edam yah… 3! hehe)

    1. huaaa… pertamaxxxx!!!
      hahaha.. makasih ya tante tiri udah mau mampir ke gubuk pelangi. hohohoho \^_^/
      wahhh.. aku paling suka bola bekel. wkwkwkw.. nggak capek” amat. hahahaha…
      nah, itu dia kalo berasa SMA berarti keceriaannya dapet, kan mengenang masa kecil. wkwkwk.. inget imur mba -_-

  2. jadi mainan kecil lo pedang-pedangan ya? Hmm, dulu gw main karet, bekel, masak-masakan (dan lo tau tanaman langka punya bokap gw rebusin dan petikin satu-satu! :D), trus sepeda!

    walaupun di jaman gw lagi happening banget rollerblade sama otopet, gak pengen tuh gw. Sepeda is the best! Bangga banget gw bisa naik sepeda, trus jatoh, bikin tanda luka borokan di lipetan kaki. hehehe…

    tulisanmu bagus, tapi coba deh kasih sentuhan biar yang baca juga pengen ikut ketawa atau ikut ngebayang dulu permainan favoritnya apa.. 🙂

    1. waaahhhh nama belakang kk, kayak namaku, shalala.. bedanya aku pake ‘h’ kk pake ‘y’. hahaha 🙂

      iyah nih kak, waktu kecil aku tomboi banget kayak cowok, main pistol”an, pedang”an, main bola. wkwkwkwkw..

      hahahaha… kalo aku beda kak, kalo dirumah melihara ikan hias, aku sering ngambil tuh ikan trus digoreng -masak-masakan bareng temen- wkwkwkwkw.. psikopat banget ya! hahaha..

      makasiih buat sarannya 🙂

  3. main tak selodor, maik petak umpet, main tebak-tebakan jayus. hahahaaa. ini lucu deh. geng gambreng gahol hebring. 🙂 🙂

  4. hahahaha,, masa kecil emang menyenangkan banget,apalagi gw waktu kecil tinggal di kampung, kaga ada abis abisnya tuh maenan anak anak.Kalo udah abis pun kita kita dari daerah suka buat permainan sendiri yang pestinya pake peraturan sendiri. sayang, permainan model gini berhenti waktu gw kelas 3 SD, pas itu ada rental PS masuk kampung,jadi bubar deh maenan anak anak yang gila gilaan 😀

    keren nih blog nya, kreatif dan gokil, gw kira ga ada blog yang model kayak ginian, ternyata ada juga, menginspirasi dan memotivasi gw buat blog yang model ginian, oh ya, ada masukkan dari gw, komiknya banyakin dong biar rame, hehehe 🙂

    1. iyah nih, munculnya permainan modern bikin kita sedikit meninggalkan permainan tradisional yang isinya ketawa-katawa 🙂

      hehehehe… jangan bosen ya mampir ke blog pelangi lagi. hohohoho.. semoga bisa menghibur 🙂

      wahh, sarannya oke juga tuh, nantikan geng (semoga) eksis part 2!!hehehehe

  5. hahahahaha permainan masa kecil memang g bakal terlupakan. melatih kreatifitas pula. klo awe permainan masa kecil yg paling seru adalah petak umpet, maklum ngumpet aj ud kayak org gila. dari ujung ke ujung ampe k dalam selokan skalipun ( iuuuuuuh ) tp intinya rasa senang yg d dpt. oh y tw donald bebek mundur 3 langkah 1 2 3?? hahahaha seru jg itu. andai aja ada kompetisi tuk permainan masa kecil ini. slain mengenang permainan2 tersebut tujuan lain adalah mendapat kesenangan yg ud lama g ddpt dari permainan itu hahahha.

  6. hihiihihi.. sumpah lucu banget ni project! Smangat ya teman2kuuu.. saya jadi mupeng pengin ikutan Creative Thinking ni! hhe..
    Selamat yaa.. karyanya baguuus! 😀

    Humm.. omong2 tentang permainan masa keciiil.. di Bali ada yang namanya “Meong-Meong” ntu! Jadi satu jadi kucing, satu jadi tikus, yang lain bikin lingkaran biar si kucing nggak bisa nangkep tikus. Tau nggak? Tau nggak? kalo di sini namanya apa yak? hhe..

    1. ichaaaaaaa… hohohohoho \^_^/
      makasih iah udah mampir ke blog pelangi.
      hehehe.. kamu harus nyobain deh! menghilangkan stress nih matakuliah kriting, tapi nggak bikin kriting rambutnya. wkwkwkwk…

      tauuuuuuuuuu!!!! hahahaha…

  7. istilah dalam permainan masa kecil :

    tap : permainan dihentikan sementara dikarenakan ada gangguan (entah dipanggil emak suruh pulang atau tiba2 ada abang eskrim lewat)

    ingglo : ….. (lupa apaan :D)

    merdeka : posisi karet tertinggi dalam permainan lompat karet (ngelewatinnya pake salto, ati2 celana robek… :D)

    anak bawang : pemain yang dapat privilege tertentu (biasanya karena umurnya paling muda dibanding pemain lain, atawa karena doi lagi sakit. atau ya entahlah anak kecil punya rule sendiri :D)

    jaga endog : pemain yang g bergerak2 diam di sarang (biasanya main benteng2an ni ama tak umpet)

    monggo barangkali comeng setelah saya ada yang mau nambahin lagi istilah2 dlm permainan masa kecil..

    masa kecil masa yang berapi2..
    #banyakpetasan

    😀

    1. kalo gue yg jaga endog itu namanya jaga tilong..
      ampe ada nyanyiannya,, “jaganya jaga tilong, tilongnya takut pecah!”

      tau dah tilong apaan, telor kali ye maksudnya.haha

    1. hello, nice to know u \^_^/
      maksih ya sudah mampir ke blog pelangi. hohohohoho.

      wehehehehe… makasiih, makasiihh,, amiinnn-aminnn, menanggapi “i think you smart girl” \^_^/

      salam pelangi!

  8. gaya nulisnya asyik, ga kayak saya yang melankolik ^__^
    but, permainan yang sering d mainin sih loncat2 karet, petak umpet, engklek , gerobak sodor ga ketinggalan main klereng ^^

    1. makasih debby udah mampir ke blog pelangi 🙂
      hehhehehe.. kan tiap orang gaya penulisannya nggak sama dan dari memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing 🙂

      wahh, aku juga suka main engkek, hohoho.. kangen deh permainan itu ^^

  9. Woooowwwwww,,,, Mantaaappppssss,,, kok ada ya orang2 seperti kalian ini,,, bener2 kreatif banget,,, saya suka dan menikmati ceritanya,,, ;

    Nilai A plus dech buat Geng (semoga) eksis,,,

    Salam semangat selalu dari Bandung ^^

    1. haloo joe, apa kabar??
      lama nih nggak main ke blog pelangi ^^ hehehehe…
      hehehe, iyah dong, kan kita ikut kuliah creative thingking ditambah dasarnya emang kita anaknya gokil”. hihihihihi…
      wahhhh!!! makasih pak dosen 🙂
      oia, kemarin aku abis dari bandung lho, kamu bandung mananya? ternyata bandung luas bangetttt -_-

  10. waaah.. bagus juga deh bikinan adikku & kawan2nya..
    semoga dapet nilai A yaaa…
    amiiiin,,,

    sukses buat kuliah kalian.. sukses jg buat masa depan kalian.. *two thumbs up for you all*

  11. Assalaamu’alaikum Pelangi indah…

    Salam terakhir buat 2010 dan huluran mesra tahun 2011.

    Alhamdulillah, semoga kehadiran tahun baru akan menyemarak semangat kita untuk terus mengejar impian yang tertunggak di tahun 2010. Harapan yang tinggi untuk kita meneruskan kehidupan yang lebih bermakna di samping beramal dan melakukan ibadah dengan lebih berkesan.

    Hadapi hari esok dengan lebih optimis dan tinggalkan hari kelmarin dengan teladan juga sempadan yang membuahkan kejayaan. belajarlah dari pengalaman lalu untuk mencipta sejarah masa depan.

    SELAMAT TAHUN BAHARU 2011.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    1. selamat tahun baru juga bunda siti fatimah ^^
      terima kasih atas awardnya, maap blm sempat mengerjakan awardnya karena baru kelar UAS semester 5 ini.
      doakan ya bun, semoga semester 5 dapet IP 4.00 amiinnn

  12. Salam kenal dari Nganjuk Jatim. Saya senang sekali membacanya, sudah lama saya ingin mengajak anak-anak membuat komik seperti ini. Sayang sekali saya hanya guru Fisika. Terima kasih ide jeniusnya. Luar biasa.

  13. Sempet janji mo kasih komen, harus ditepati. He he

    Membuka blog ini benar-benar me-refresh segala hidup yang sungguh menjenuhkan, di tengah penelitian panjang, masuk ke luar kampung, perpustakaan, menjelajah seluruh negeri dan akhirnya duduk di kantor kembali.

    Sempet senyum2 sendiri waktu baca komiknya, gokil abiss… tapi waktu puter video-nya, sontak rekan2 pada nonton, malahan profesor emeritus yang uda tuir, ketawa g berhenti2.. Ha ha ha ha ha Gila!!!

    Lucu banget, apalagi waktu lompat naik ke punggung, Ha ha ha ha, benar-benar menghibur.

    Sekali waktu, boleh kok mampir di blog kakak yang membosankan, He he
    kataitukata.wordpress.com

    1. hahahaha saya selaku peran yang ditimpa punggungnya, dan yang berbadan kecil. lumayan sakit jg lho..

      seneng deh rasanya ada yg komentar bisa bikin seorang profesor bisa ketawa.hahaha
      thank you..

      kapan-kapan kita insya Allah bikin lagi deh..

  14. widihhh cool begete komiknya.. idenya keren buat tugasnya be..
    klo permainan masa kecil ane sih banyak.. maen mutilasi2an orang, bacok2an pala orang, masukin bola basket ke baju temen..dan banyak lagi dehh..hehe..

    wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s