Posted in Jejak Pelangi

Kenapa pilih TKA? Kenapa gak SKRIPSI?

… menjadi dewasa berarti berani untuk memilih. memilih baik untuk dirinya sendiri dan juga untu orang yang dia sayangi ataupun yang tak kenal sama sekali. sama seperti pilihan hidup. kamu mau melayang seumur hidup atau membina rumah tangga.

ya… di sini aku dihadapkan dua pilihan TKA atau SKRIPSI. sebenernya sama-sama syarat kelulusan untuk menempuh jenjang sarjana. semakin ke depan, aku lebih menyukai hal-hal berbau praktikum dan kreatif. menurutku TKA adalah pilihan yang tepat. kenapa? karena aku bisa membuat sebuah konsep yang dirancang dengan ide murni dari otak kecil ini dan merealisasikannya menjadi sebuah prototype yang bisa diakses.

mungkin ada sebagian dosen yang menyarankanku SKRIPSI, bahkan tidak hanya satu dosen, beberapa dosen. tak usah kusebutkan inisialnya. mereka berpendapat analisisku bagus. lalu ini adalah batu loncatan jika aku meneruskan S2 dan mengerjakan thesis. mereka baik, baik banget, memberi perhatian sampai detil. aku sangat menghargai mereka, tapi aku ingin menentukan pilihanku. aku ingin mencoba hal baru. membuat projek apa yang aku pikirkan dan merealisasikannya dengan memasukan unsur-unsur jurnalistik yang aku pelajari hampir 3,5 tahun lebih beberapa bulan ini. aku ingin bisa menjadi seorang sutradara sekaligus produser didalam projek TKA-ku ini.

ngomong-ngomong TKA itu adalah tugas karya akhir, sama seperti SKRISPI tapi dia lebih condong pada pembuatan projek dan tetap berpegang pada ilmiah yaitu ada latar belakang dana analisanya (seperti menyebarkan kuisoner dan wawancara pada ahlinya) bonusnya adalah kita diwajibkan membuat prototype atau dummy atau realisasi dari konsep kita terhadap latar belakang yang kita kemukakan itu.

akhirnya kuputuskan untuk TKA. dan sekarang aku sedang merengkuhnya, tapi belum semua masih dalam proses. proses yang panjang, hampir setaon kalo dihitung-hitung aku mengerjakan dan mematangkan konsepku. mulai dari semester 7 hingga semester 8 ini. ya… mungkin bisa dibilang perfeksionis, tapi aku gak pengen main-main. aku pengen menghasilkan karya yang spektakuler dan bermanfaat …

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

One thought on “Kenapa pilih TKA? Kenapa gak SKRIPSI?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s