Posted in Goresan Sastra Sang Pelangi, Jejak Pelangi, My Gallery

Cari Inspirasi Desain Kapal? ke Museum Bahari Aja!

“Nenek moyangku seorang pelaut”. Masih ingat dengan lagu jaman kita masih TK? Ya.. memang benar nenek moyang kita canggih banget bisa bikin perahu yang gede dan tahan lama, nggak cuman itu mereka juga bikin model perahu bermacam-macam. Pertanyaannya apakah kita masih bisa melihat peninggalan mereka sekarang? Pasti dong! Yuk datang aja ke Museum bahari Jakarta Utara. Kalau bingung jalurnya adalah jalan ke Kota Tua, setelah itu bisa sewa sepeda tua atau naik bajaj ke Pasar Ikan, udah deh sampe ke Museum Bahari 🙂

Ada apa sih di Museum Bahari? Ya… dilihat dari namanya Bahari, museum ini berisi peninggalan sejarah tentang kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke. Semuanya lengkap dan masih rapi tersusun, ada yang berupa miniatur ada juga yang memang benar-benar dari awal kerangka pembuatan hingga model perahu dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan tiket Rp 2.000 (Demi apa coba? Murah banget kan? tapi pengalaman yang kita dapatkan setara sama tempat rekreasi yang harganya bisa sampe ratusan ribu kok 😀 dan kita diajarkan untuk mencintai peninggalan budaya negri kita) bisa berkeliling melihat aneka koleksi perahu, cerita-cerita bersejarah asal mulanya perahu, bagaimana mereka membuat perahu, penyebaran dan sebagainya. Serunya kita bisa jadi nahkoda, merasakan memegang kemudi kapal yang notabene berat banget, padahal itu masih setirnya, gimana kalo kita nyetir beneran tuh perahu ya? hehehe…

Pokoknya kalo ingin dapet pengalaman luar biasa dan pengetahuan yang luas banget dateng ke Museum Bahari, karena di sini disuguhkan berbagai macam koleksi dari jenis perahu yang dipakai nenek moyang selama berlayar mulai dari bentuk, gaya dan ragam hias, sampai kapal zaman VOC dan kapal jaman modern. Nggak cuman kapal, kita juga tau peralatan apa yang dipakai saat berlayar seperti alat navigasi, teropong, jangkar, meriam, dan sebagainya. Penasaran kan?

Gimana? seru kan kawan Pelangi? Ajak teman-teman atau sekedar hunting foto juga seru lho. Ini masih belum dieksplore semuanya lho, masih ada beberapa tempat yang nggak ke foto trus masih ada pemandangan yang bagus dengan jendela-jendela besar khas jaman Belanda (bagus buat yang mau foto-foto narsis. hehehe :p). Selamat berkunjung ke Museum Bahari!

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

2 thoughts on “Cari Inspirasi Desain Kapal? ke Museum Bahari Aja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s