Posted in Jejak Pelangi, My Gallery

Menikmati Keindahan Gua Sunyaragi Cirebon

DSC_0290

DSC_0239

Pertama kali liat gambar di atas apa yang kamu pikirkan? 

Tempat bersejarah yang isinya puing-puing batu dan membosankan? Eits… jangan salah! Pertama kali menginjakkan lokasi bersejarah di Cirebon ini yang keluar adalah kata ‘takjub’. Takjub melihat keindahan seni leluhur jaman dulu. Bebatuan yang berusia ratusan tahun tapi tetap berdiri kokoh. Perpaduan yang bagus antara bebatuan dan permadani hijau mengelilinginya.

Ya… nama tempat ini adalah Taman Sari Gua Sunyaragi, tepatnya di kota Cirebon. Kenapa namanya Sunyaragi? Karena di sini dulunya dibuat tempat bertapa dan beristirahat Sultan Cirebon dan keluarganya. Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga, jadi tempat untuk bermeditasi, jauh dari bisingnya kegiatan masyarakat, menyepi.

DSC_0231

Buat yang mau foto di sini, ini adalah objek yang pas banget. Tapi sayangnya kurang dilestarikan, masih banyak ilalang nggak terurus disana sini, ada kolam yang berlumut dan jarang dibersihkan. Padahal ini salah satu cagar budaya yang berpotensi menghasilkan pemasukan besar kalo benar-benar diperhatikan oleh pemerintah setempat. 

Ada apa ya di dalam gua Sunyaragi ini? Yuk ikuti petualangan pelangi \(^_^)/

DSC_0218

DSC_0220

DSC_0222

DSC_0223

Kalo mau masuk ke Gua Sunyaragi ini sebaiknya pake guide ya, biar jelas alur kita masuk dan mengenal lebih detilnya. Waktu itu kita pake guide (tapi lupa namanya bapak siapa. hehehe…) Di situ, kita diajak masuk ke guanya tempat bertapanya Sultan, masuk ke dalam lorong gelap dan keluar udah sampe di tempat yang lain lagi. Komplek Taman Sari ini dibagi menjadi dua ada pesanggrahan seperti serambi, kamar mandi, kamar tidur, ruang ibadah yang dikelilingi taman dan bangunan gua yang dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air. Seru ya! Keren banget deh arsitektur yang bikin tempat ini 🙂 Kita mulai masuk ke Gua Pengawal tempat dimana pengawal Sultan berkumpul.

DSC_0242

DSC_0232

DSC_0230

Trus kita lanjut ke Bangsal Jinem, tempat Sultan memberi wejangan sekaligus melihat prajuritnya berlatih. Tempatnya kalo dilihat dari jauh kayak panggung, lho. Arsitekturnya juga unik, apalagi waktu ke Gua Sunyaragi pas rerumputan masih hijau jadi lebih bagus buat difoto 😀 Dan ada tempat duduk khusu Sultan, kayak frame, aku nyobain duduk dan begaya disitu. Hehehe…

DSC_0250

DSC_0256

Lanjut ke Gua Peteng, digunakan untuk menyepi demi meningkatkan kekebalan tubuh. Nah yang menarik di sini adalah guanya gelap banget dan kita nggak memaksakan buat masuk karena nggak ada penerangan, alhasil foto-foto aja di depan 😀 Hal yang lebih seru lagi adalah mitos yang beredar, did epan pas Gua Peteng, ada patung seorang wanita, konon katanya kalo kita memegang patung itu, kita jadi susah menikah, karena gosip yang beredar wanita itu sampai akhir hayat nggak ada yang meminang. Bangunan unik ini juga memiliki semacam mercusuar di atasnya.

DSC_0262

DSC_0277

DSC_0365

DSC_0267

DSC_0272

Kita teruskan ke Gua Arga Jumud, dari jauh keliatan seperti tengkorak. Nah, gua ini dikhususkan untuk para petinggi keraton untuk bersantai atau untuk rapat penting. Sebelum kita sampai ke situ kita harus melewati gapura dan jembatan kecil.

DSC_0294

DSC_0305

DSC_0301

DSC_0320

DSC_0317

DSC_0330

Serunya lagi kita jadi tau ternyata dua pintu ini punya kekuatan magic di jaman dulu, jadi di sebelah kiri kita bisa langsung ke Mekkah dan sebelah kanan kita bisa ke Cina. Karena dulu istri Sultan Cirebon orang Cina, jadi tinggal masuk langsung ke negara tujuan. Pintu kemana saja Doaremon kalah nih :p

DSC_0344

Ini adalah monumen putri Cina, tapi gambarnya udah hilang, kalo mau liat harus pake mata batin nih, tapi sekilas kita masih bisa lihat rambutnya panjang tergerai warna hitam.

DSC_0347

Ini adalah pohon cermai (kalo nggak salah inget atau pohon rambutan, hohohoho…) yang usianya hampir 350 tahun dan dilestarikan oleh guidenya. Kita lanjut ke Gua Kalenggan yang biasa buat semedi untuk mendapatkan kelanggengan jabatan. Lalu ke Gua Lawa, tempat kelelawar pemberi informasi, dulunya pengirim informasi melalui kelelawar dan terakhir ke Gua Pawon, tempat untuk menyajikan hidangan dan dapur kerajaan.

DSC_0363

DSC_0358

DSC_0371

DSC_0375

DSC_0377

DSC_0382

Finally… kita berakhir dipintu Gua Sunyaragi 🙂 Penasaran? Yuk berkunjung ke Cirebon. Sampai jumpa di-postingan selanjutnya. Dadaaahhh… \(^_^)/

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

5 thoughts on “Menikmati Keindahan Gua Sunyaragi Cirebon

Leave a Reply

