Posted in Jejak Pelangi, My Gallery, Opini Sang Pelangi

Mengenal Lebih Dekat Trah Halal Bihalal Lebaran 2013

Assalamualaikum.

Maaf ya kawan Pelangi baru sempat update blog ini lagi sehabis Lebaran. Maklum lagi haus akan liburan dan berkumpul bersama keluarga dan saudara. Hehehe πŸ˜€ Sebelumnya, Pelangi minta maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin ya πŸ™‚ Semoga amalan yang kita lakukan di bulan Ramadhan tahun ini diterima dan mendapat ridho Illahi. Amin ya robbal alamin.

Nah, sekarang aku mau cerita tentang pengalaman Lebaran tahun 2013. Alhamdulilah Lebaran yang berkesan, keluarga besar yang sangat kompak, walaupun kakek nenek sudah tiada, tapi kebersamaan itu masih terjalin. Dan banyak penghuni baru alias anak-nya sepupu-sepupuku. Dan bedanya sekarang aku lebih sering dipanggil dengan sebutan “auntie”. Oke deh, hahaha… Tahun ini juga tahun dag dig dug, karena kalo ketemu saudara, ada yang cuek ada yang peduli banget sampe nanyain, “Kapan nikah, Mbak?”, “Kapan nyusul?”, “Kapan punya dedek bayi?”, “Kapan mengikuti jejak kakaknya?”, dan sebagainya. Bervariasi tapi tetap satu tujuan.

Ya… sekarang usiaku udah nggak muda lagi [paling males mengakui yang satu ini], ya karena udah lulus kuliah, udah kerja, lalu apa lagi kalo bukan nikah. Ya… begitulah siklus hidup terutama di Indonesia. Jawaban terbijak adalah dengan tersenyum atau nyengir kuda, “Mohon doanya ya Pakde Bude, Om Tante, Mbak Mas.” Hehehe πŸ˜€

DSC_0392

 

Ngomongin libur lebaran 2013 ini. Seru! Walopun berasa cepet banget. Walopun cepet tapi aku sempat mengabadikan moment penting, yaitu semua keluarga dari Mama berkumpul semua, mulai dari kakak sampe adeknya Mama. Dan giliran keluarga besar Mama yang jadi tua rumah di halal-bihalal Trah Halal Bihalal Harjo Suwitan.Β 

 

DSC_0586

 

DSC_0568

 

DSC_0455

 

Apa sih Trah atau Halal Bihalal? Biasanya di Jawa, ya… karena aku dilahirkan di keluarga Jawa dari kecil sampe segede ini, setiap abis Lebaran, biasanya Lebaran ke dua atau ke tiga akan ada acara Trah keluarga besar atau disebut Halal Bihalal, berkumpulnya semua keluarga besar untuk silaturahmi, maaf memaafkan, dan temu kangen. Keluarga besar di sini dimulai dari keluarga kakek/ nenek kita dalam satu ibu dan bapak, lalu ngelahirin ayah/ ibu kita beserta saudara ayah/ ibu sampai anak dan cucu mereka. Jadi bakal rame banget. Hehehe.

DSC_0553

 

DSC_0419

 

DSC_0461

 

DSC_0551

Acaranya setengah hari, mulai dari pembukaan dari tetua keluarga besar, dari panitian, lalu pembacaan ayat suci Al-Qura, lalu ceramah, hiburan (makan-makan dan nyanyi), dan terakhir salam-salaman dari kakek nenek sampe cucu cicit satu keluarga besar tersebut. Pas salam-salaman ini adalah waktu kita menghafal saudara jauh kita. Sampai sekarang pun, aku nggak hafal. Huhuhu πŸ˜₯ Tapi keseruan ini adalah kebersamaan dan berkumpul dengan keluarga besar dari berbagai kakek nenek yang masih punya hubungan darah satu buyut. Nah lho, ngerti nggak maksudnya? :p

DSC_0367

 

DSC_0400

 

DSC_0408

 

Semoga budaya Trah Halal Bihalal ini akan ada sampai nanti aku jadi nenek juga. Pasti seru, makin banyak anggota keluarga. Gimana dengan acara Lebaran di kota kamu? πŸ™‚

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

One thought on “Mengenal Lebih Dekat Trah Halal Bihalal Lebaran 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s