Posted in Jejak Pelangi

My #DreamBig : Kelas Bahasa & Budaya Jepang -Sekolah Bersama Yuk!

Alhamdulilah… akhirnya selama 90 hari berjalan, salah satu #DreamBig-ku tercapai sudah. Salah satu program CSR Sakura Niji, yaitu membuka kelas bahasa dan budaya Jepang gratis untuk adik-adik kurang mampu. Kali ini bekerjasama dengan Sekolah Bersama Yuk, Bogor. Ternyata responnya positif dan adik-adiknya antusias banget lho saat aku dan partnerku mengajari dan memperkenalkan mereka budaya Jepang.

Aku dan partnerku dari Depok sekitar pukul 2 siang, karena menungguku pulang kerja langsung ke sana. Dan ternyata jalanan diluar prediksi, macet total. Duh… sampai jam berapa nih ke lokasi? Apalagi Depok ke Bogor lumayan jauh juga ya. Hehehe. Tapi hal ini nggak menyurutkan semangatku untuk berbagi ilmu dan pengetahuan baru untuk adik-adik di sana.

Walaupun nyampenya telat, tapi penyambutan mereka pada kami tetap hangat. Yang tadinya melihat mereka latihan bernyanyi kurang semangat, ketika aku mulai menceritakan tujuanku datang ke sini, ekspresi ceria terpancar di wajah mereka. Dengan waktu yang hanya 1,5 jam ini, aku akan membuka 3 sesi belajar.

Pertama adalah mengenal tentang Jepang dan percapakan sehari-hari. Supaya mempermudah media belajar, aku bagikan kertas Post-It warna warni kepada adik-adik di Sekolah Bersama Yuk, Bogor yang didominasi anak SD dan TK (beberapa orang). Karena Post-It yang aku bawa warna warni, mereka langsung mengambil dengan riang dan menanyakan, “Untuk apa ini, kak? Boleh ambil dua kak?”. Mungkin ini menjadi hal baru buat mereka ya 🙂 Sebelum aku membagikan kertas Post-It, aku mengajak adik-adik untuk membuat kelompok dan menuliskan nama kelompok di lembar Post-It yang sudah mereka terima.

DSC_0427

Lalu aku menjelaskan tentang tujuanku membagikan lembar Post-It. Aku meminta mereka untuk menuliskan tentang hal yang diketahui tentang negara Jepang (apapun itu mulai dari kebiasaan, tokoh kartun, makanan, budaya, dan sebagainya). Hal yang membuatku tersenyum kagum adalah, mereka punya jawaban berbeda tiap kelompok dan mereka antusias untuk menjawab. Jawabannya seperti tokoh kartun mulai dari Doraemon, Hello Kitty, Sinchan, Satria Baja Hitam, Tokyo Tower, Mata uang Yen, Sushi, Dorayaki, Takoyaki, Teknologinya Canggih, Rumah Anti Gempa, dan sebagainya.

DSC_0428

DSC_0433

DSC_0435

DSC_0431

DSC_0441

DSC_0443

DSC_0452

DSC_0455

Setelah itu dilanjutkan percakapan menggunakan bahasa Jepang seperti ucapan selamat pagi, “Ohayou Gozaimasu”. selamat siang “Konnichiwa”, dan selamat malam “Konbanwa”, selamat istirahat “Oyasumi Nasai”. Percakapan sederhana yang sekilas diajarkan ke mereka. Karena waktu semakin sore, lalu kami melanjutkan sesi kedua yaitu mengenal origami (seni melipat kertas). Kebanyakan dari mereka ternyata sudah terbiasa membuat bentuk dari kertas. Tetapi untuk adik-adik TK, kegiatan ini adalah hal baru bagi mereka. Lalu kami fokus mengajari mereka, sedangkan kakak-kakak yang SD aku ajak untuk membuat bentuk yang mereka bisa dengan kertas origami bermotif.

DSC_0464

DSC_0472

DSC_0480

DSC_0495

DSC_0504

Coba lihat, mereka udah jago-jago ya bikin origami. Hehehe 😀 Nah, adik-adik yang masih TK juga seneng lho, ketika mereka bisa bikin perahu, kata partnerku, salah satu anak langsung nyimpen perahu bikininnya. Bisa jadi kenang-kenangan karena udah diajarin kakak mentor yang ganteng :p Hehehe…

Sesi terakhri sebelum pulang adalah mengenal baju tradisional Jepang, yaitu Yukata. Mereka baru pertama kali melihat penampakan dari Yukata. Aku sengaja membawa dua buah Yukata untuk diujicobakan ke salah satu adik-adik yang berminat. Lalu aku ceritakan asal usul Yukata, lalu nama-namanya seperti obi maupun geta (sandal Jepang) dan yang paling penting cara memakainya. Saat aku memperagakan cara memakainya, sesekali aku melirik mereka dan melihat ekspresi takjub dan senang menghiasi wajahnya.

DSC_0507

DSC_0509

DSC_0521

 

Setelah itu penyerahan hadiah puzzle 3D salah satu bangunan di Jepang untuk adik-adik di Sekolah Bersama Yuk, Bogor. Walaupun kalian belum pernah berkunjung ke Jepang, setidaknya kalian pernah mencoba mempelajari dan mengenal budaya mereka. Bisa memperkenalkan budaya negara-negara dibelahan dunia dengan media Post-It adalah hal yang menyenangkan. Finally, my #DreamBig came true!

Setelah itu kita foto bareng bersama adik-adik Sekolah Bersama Yuk, Bogor yang udah ikutan di kelas bahasa dan budaya Jepang bersama Sakura Niji. Sampai jumpa di lain waktu 🙂

DSC_0527

DSC_0518

 

Tulisan ini dibuat untuk mengajak kalian mendukung-ku meraih #DreamBig di acara “90 Days Dream Big Challenge” by Post-It PT 3M Indonesia. Cek profilku di “Betania Gian” dan jangan lupa selipkan support kalian ya 🙂

Advertisements

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s