Posted in Jejak Pelangi

BEM FISIP UI Perintis Program “Biopori in Action”

Biopori In Action (BIOACT) sebuah program peduli lingkungan dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI 2009 sudah berjalan lima bulan. Ahmad Rifai, Project Officer BIOACT menggerakkan sebuah misi cinta lingkungan dan antisipasi banjir sebagai perintis porgram ini di kampus UI dan belum ada fakultas lain untuk menerapkan sistem lubang-lubang biopori yang bertujuan mengurangi genangan air dan membuat tanah menjadi gembur saat musim penghujan.


Peralihan cuaca yang tak menentu menuntut kita untuk tetap waspada dan segera mencari pemecahan sementara terhadap masalah di musim penghujan, yaitu banyak genangan air yang menganggu. Latar belakang dicetuskan BIOACT adalah kondisi nyata di lingkungan FISIP UI saat musim penghujan dan banyak saran dari mahasiswa yang biasa nongkrong di kantin Takor dan gedung-gedung lain saat musim penghujan banyak air menggenang di mana-mana.




Konsep dari biopori untuk menahan resapan air di bawah tanah, menyuburkan tanah dan menggemburkan pori-pori tanah. Biopori In Action adalah sebuah tindakan nyata yang dilakukan BEM FISIP UI dan tidak sekedar sebagai bahan perbincangan tetapi menjadi tindak kan lebih lanjut.

“Sebelumnya kita konsultasi dan membicarakan ide BIOACT pada Rektor UI, Gumilar Rusliwa Soemantri, bahkan Rektor sangat setuju dan ingin seluruh UI juga diterapkan, tapi kendalanya kita hanya BEM FISIP. Jika seluruh UI kita tangani tidak mungkin karena ada BEM UI,“ Ahmad Rifai menjelaskan secara mendetail.

“Kendala lain adalah koordinasi sumber daya manusia yang butuh waktu panjang. Akhirnya secara realistis dilakukan di FISIP saja, lalu dibicarakan ke Dekan FISIP. Karena lubang biopori tidak bisa dibuat sembarang tempat, kita bekerja sama dengan Tim Biopori Bermotor (Biotor) asuhan Imam Prasodjo, Dosen Sosiologi FISIP UI. Ada sekitar 50 lebih lubang biopori yang dibuat dan tersebar di depan gedung A, Plasa, dekat gedung Koentjaraningrat, samping Takoru, selasar kantin Takor, dan taman dekat Gelas Teko,” lanjutnya.

Continue reading “BEM FISIP UI Perintis Program “Biopori in Action””

Posted in Jejak Pelangi

Jurus Jitu Taklukkan UAS

Hmm..sebentar lagi UAS (Ujian Akhir Semester) kembali menyergap mahasiswa Universitas Indonesia (UI), terutama FISIP yang terkenal rajanya UTS atau UAS tercepat  dan pencetak rekor mahasiswa berprestasi sampai tingkat nasional (ck..ck..ck..emang  tuh fakultas terkeren tergaul dan terkreatif mengukir prestasi)

Tenang kawan-kawan, aku ada jurus mendaki gunung melewati lembah sungai mengalir indah ke samudera. Lho?lho? kok malah nyanyi yach?!? Kembali ke laptop…simak terus perjalanan kalian untuk berselancar keblogku, karena ada informasi menarik buat kalian semuanya (^_^)

Hiaaattt…wutawwww…ciiaaattt…jurus jitu taklukkan UAS!!!!! Mau tau??tuh..tuh..intip bagian bawahnya..hehehe.. =D

Pertama, pastikan kalian MAHASISWA YANG RAJIN! Dengan cara??lengkapilah catatan kalian. Catatan adalah harta karun bagi kita untuk mendapat nilai A (sasaran cumluade!!!). Cacat apa yang udah diajarin dosen pada kita, karena tiap orang nggak sama so..bikin catatan sesuatu dengan apa yang sesuai dengan pribadi kita. Kalo aku tipe orang yang suka bikin catatan uraian, tapi ada juga orang yang suka mencatat point-point ajah atau mind mapping. Keep in notes!

Kedua, sharing semua contoh soal yang pernah dikasih dari dosen (ato kisi-kisi yang diberikan sang dosen). Biasanya contoh soal ini yang bakal keluar UAS nanti. Jadi simpen baik-baik dan pelajari, kalo nggak ngerti wajib tanya, ya! Karena malu bertanya, susah jawab UAS. Nah lo?!?

Ketiga, pelajari kumpulan soal UTS tahun sebelumnya (2007,2006,2005, …). ternyata ujian itu connecting dengan ujian yang mau diadakan pekan depan. Hanya lebih variatif bentuk soalnya, tapi kadang-kadang soal di tahun 2004 ditanyain lagi di soal tahun 2007. Jadi pelajari, kerjakan, dan ingat-ingat ting.. (^_~)

Keempat, review ulang materi dari textbook dan handouts yang diberikan dosen. Dengan mereview ulang merupakan cara yang tepat untuk memahami konsep secara menyeluruh.

Kelima, jaga kesehatan. Penting!!!! Sepintar ataupun secerdas apapun kita kalo udah sakit, nggak bakalan bisa berkutik. Jaga kesehatan itu perlu, banyak makanan empat sehat lima sempurna, minum vitamin, banyak minum air putih, dan istirahat cukup.

Keenam, keep praying to God and good luck!!!!hohohoho.. \^^/

Selamat mencoba resep dariku. Terbukti ampuh jika dalam dosis yang tepat. Semoga UAS semster ini kita semua dapat A. Cumluade. Kalo kalian cumluade, aku SUMA CUMLUADE…Amiinnnn….

Posted in Jejak Pelangi

Prodiku adalah JURNAL CETAK

Semester tiga kan datang menyapa…tinggal beberapa minggu lagi Ujian Akhir Semester UI kan menghampiri…

Huff…aku bingung!Ah, nggak. Udah telat kalo kita ngomong bingung untuk masa depan kita. Kitalah yang menentukan kemana kita kan melangkah kemana kita kan menggapai impian kemana kita kan sukses kelak. Itu ada ditangan kita. Bukan orang lain, bukan teman, bukan dosen, bukan orang tua kita sekalipun. Hanya ada dalam genggaman kita karena kitalah yang akan menapaki semua ini.

” Beta..lo mo ngambil apa prodi ntar semester tiga?”

” Gw mo ngambil JURNAL CETAK, ” jawabku mantap.

” Tapi kan jurnal cetak itu sulit, lulusnya juga lama, banyak tugas lagi “…

Sedikit bimbang, pertahananku mulai goyah…sulit juga mempertahankan prinsip kalo orang-orang disekitar kita nggak mendukung dan malah memberikan angin lembab kepada kita. Huff..tarik nafas keluarkan..tarik lagi..hempaskan perlahan.. Bismillah… Aku menetapkan untuk memilih jurnal cetak. Kenapa??Kenapa??

Pertama, aku suka dengan mata kuliah yang ditawarkan dari prodi (program studi)  jurnal cetak daripada prodi Iklan, Humas, Komunikasi Media. Oia..aku lupa kasih tau kalo aku ngambil jurusan Komunikasi FISIP UI. Dan semester tiga ini, kita harus menetapkan konsentrasi yang akan kita ambil nanti ke depannya. Begitu..^^

Mata Kuliah Program Studi Jurnalisme Umum

1) Pengantar Jurnalisme 3 SKS

2) Etika Jurnalisme 2 SKS

3) Bahasa Jurnalistik 2 SKS

4) Dasar-Dasar Fotografi 2 SKS

5) Meliput dan Menulis Berita (1)  3 SKS

6) Kapita Selekta Jurnalisme 3 SKS

7) Penerbitan Elektronik 3 SKS

Mata Kuliah Program Studi Jurnalisme Penimatan Jurnalisme Cetak

1) Meliput dan Menulis Berita (2) 3SKS

2) Menulis Feuture 3 SKS

3) Menulis Artikel Opini 3 SKS

4) Desain Surat Kabar dan Majalah 3 SKS

5) Pratikum Media Cetak 3 SKS

6) Jurnalisme Foto 3 SKS

7) Menyunting Naskah Surat Kabar dan Majalah 3 SKS

8 ) Investigative Reporting 3 SKS

Inilah yang bikin aku menyenangi prodi jurnal cetak. Aku ingin memulai untuk fokus pada satu hal dan menjadi ahlinya. Walaupun sulit awalnya, karena aku tipe orang yang suka mencoba banyak hal, pengin bisa ini pengin bisa itu. Pokoknya semua pengin bisa deh. Hahaha… =D

Aku inget waktu pertama kali kuliah Teori Komunikasi, Mba Yeye or Mbak Illya, bilang ke aku, kita bisa cumluade dan bisa lulus 3,5 taon di jurnal cetak dan yang menentukan itu semua adalah DIRI KITA SENDIRI. Yuppss..aku memutuskan untuk mengambil jurnal cetak semester tiga ini. Apapun yang terjadi, akan aku jalani. Ya Allah, semoga pilihanku ini adalah pilihan terbaik yang Engkau berikan. Amiinnn.. (^_^)