Posted in Jejak Pelangi, My Gallery

JALAN PAGI KELILING UI SAMBIL HIRUP UDARA SEGAR

Minggu yang lalu (20/3) aku bersama temanku, Dewi Ratih janjian buat jalan pagi keliling UI sambil nyobain kamera baruku. Kita janjian pukul 6 pagi di depan gang Kober, Margonda, Depok. Hmm.. lama juga nggak jalan-jalan keliling UI, terakhir kali tahun lalu. Itung-itung refreshing sebelum mid test nanti yang waktunya lumayan lama, yaitu 2 minggu. Grrrrr… tapi tetap semangat deh! Namanya juga mahasiswa, pasti berkutat dengan tugas kuliah, ujian, kerja kelompok, magang, dan organisasi. Jadi mari kita nikmati dengan suka cita.

Rencananya sih, pengen nyobain kamera baru, upgrade dari kamera yang sebelumnya dan menabung beberapa bulan yang lalu, alhamdulilah akhirnya bisa upgrade kamera dengan uang hasil jerih payah sendiri (senang sekali \^_^/) Yang tadinya Canon 1000D jadi Nikon D3100. Hahaha… jadi beralih merk nih. Nggak papa, aku masih tetap sayang Canon kog. Kalau diumpakan seperti handphone, Canon itu bagaikan Nokia sedangkan Nikon itu bagaikan Sony Ericsson. Hehehe.. ini mah asumsiku. Continue reading “JALAN PAGI KELILING UI SAMBIL HIRUP UDARA SEGAR”

Posted in Jejak Pelangi, My Achievement

“CHILDHOOD MEMORIES” ALA GENG (SEMOGA) EKSIS

Bimsalabim abakadabra… cling..cling..cling \^_^/

Di negeri antah berantah dulunya, saat enam sekawan ini masih imut-imut alias masih culun jadi maba, mereka selalu bermain bersama. Takdir mempertemukan mereka di suatu universitas terkemuka bernama UNIVERSITAS INDONESIA !! Dari latar belakang yang berbeda-beda, mereka dipersatukan dalam sebuah misi yang sama……………………..

GENG (semoga) EKSIS inilah nama geng kita. Geng yang isinya anak-anak eksis dari jurusan komunikasi 2008. Mau tau siapa ajah sih mereka?!? cekidot,,,

IVAN alias IPAN dengan NPM 0806463082, ketua geng berbadan besar yang hobinya main bola sampe-sampe bikin kulitnya nggak seindah dulu lagi (baca: item legam). Kenapa dia jadi ketua geng?? entahlah… tak ada yang tahu. Mungkin karena badan dia paling subur diantara lima kawannya ini.

BETA alias BECIL (beta kecil) DENGAN npm 0806317395, paling bocah diantara kelima kawannya ini dan kebetulan atau disengaja dia cewek sendiri di geng (semoga) eksis yang memang ditakdirkan sudah eksis sebelum masuk geng ini. Walaupun suka diusilin sama salah satu personil dari geng ini (tidak menyebutkan merk), tapi di otak becil ini ide-ide briliant selalu berhamburan. Hobinya suka motret, sampe-sampe motret diri sendiri.

PURI alias UCUY alias TENYOM dengan NPM 0806346445, cowok paling usil dan omongannya selalu bikin orang pengin ngejambak rambutnya! hahaha… tapi dia paling solid diantara semuanya. Cita-cita terbesarnya jadi dokter kandungan, karena itu impian terpendam orang tuanya. Sampai akhirnya dia meniti karir dengan jatuh bangun, guling-guiling, sampe ngesot- ngesot.

RENO alias ENO dengan NMP 0806346451 tapi bukan ENO LERIAN yaa!!!, cowok paling kalem diantara kelima kawannya. Pendiam tapi kalo sudah bergerak, beuh bagaikan kamen raider deh! wush..wush… sigap dan terampil. Dia paling romantis  (kaliiii…) soalnya paling suka nyanyiin lagu pake bass atau gitar akustik gitu deh dan suaranya serak serak banjir gitu. wwkwkwkwkw…

YURGEN alias UJEN dengan NPM 0806357915, cowok cerdas yang satu ini punya impian jadi diplomat, tapi ternyata takdir berkata lain. yah.. walopun emang sama-sama pake jas dan dasi ala parlente-parlente gitu deh. Paling suka baca buku dan berkutat dengan laptopnya. Hmmmm…

HAIKAL alias IKAL dengan NPM 0806322571 (tapi bukan rambutnya lho :D), selalu pasang tampang cool dimana ajah. Paling suka pelajaran MPK dan Komunikasi Global, sampe-sampe dia mirip banget style-nya kayak dosen, ee… akhirnya kejadian juga.

Kita berenam dari geng (semoga) eksis! akan emmulai petualangan kita. Karena sudah 10 tahun tak bertemu… kita memutuskan untuk mengadakan reuni sambil pamer kesuksesan kita dongggggg \^_^/

Mau tau kisah geng (semoga) eksis lebih lanjut???? simak cuplikan berikut ini…

[slideguest id=2089670227126172295&w=400&h=300]


Kalo masih penasaran sama komik perdana kita dan susah bacanya lewat slide, tenang… jangan khawatir, kalian bisa baca kog pelan-pelan dan menghayati. hohohoho.

Continue reading ““CHILDHOOD MEMORIES” ALA GENG (SEMOGA) EKSIS”

Posted in Jejak Pelangi

OBAMA Berkata, “Pulang Kampuh Nih!” dan Semangat Pembangunan

Rabu (10/11) bangun pagi-pagi (emang biasanya pagi sih solat subuh dulu, abis itu dilanjutin tidur lagi), tapi kali ini langsung mandi. Abis itu berangkat dari kosan bareng sama kak Irgahayu Madhina, eits.. dia cewek lho. Hohoho. Pake baju batik, bawa kartu tanda mahasiswa (KTM), uang, dan hape. Nyampe di stasiun UI dihadang oleh panitia kuliah umum Presiden US, Barack Obama, dimintain KTM, trus dikasih undangannya. Tau nggak?? Kirain ada bikun alias bis kuning UI yang bakal jemput rombongan kita mahasiswa yang dapet undangan. Tapi ternyata!!!! Arrrgghh… bahkan aku nggak ngebayangin, serasa lari pagi deh, kita disuruh jalan lurus ke FIB tembus menara air lalu antri menuju gedung rekorat dan berakhir di balairung.

(akhirnya dapet juga undangannya, foto dulu nih sebelum menempuh perjalanan panjang) Continue reading “OBAMA Berkata, “Pulang Kampuh Nih!” dan Semangat Pembangunan”

Posted in Goresan Sastra Sang Pelangi, My Achievement

Kumpulan Puisi Nasionalis Milik Pelangi

BANGKIT INDONESIA


Jalani hidup penuh juang

Tatap masa depan cerah penuh harapan

Jangan barkan kesalahan buat keputusasaan

Belajar dari pengalaman bangsa

Jangan terusik oleh kesukaran

Hadapilah sebagai tantangan

Berdayakan drimu oleh keberanian

Pelajarilah hal baru dalam hidup

Buat bumi Indonesia bersinar

Indonesia milik kita

Indonesia bukanlah milik mereka

Pemuda bangsa anti anarkisme

Maju bersatu dalam kebersamaan

Kekuatan dalam satu hati

Memandu puncak kejayaan

Bangkitlah Indonesia!!!!

***

IBU PERTIWI

Ibu Pertiwi…

Jika angin tak lagi berhembus

Jika api tak lagi membara

Jika ar tak lagi mengalir

Jika tanah tak lagi membongkah

Apa kita masih dapat berkata?

Tentang hasrat dan milik

Tentang jiwa dan rasa

Tentang dunia yang dipijak nestapa

Tentang duka menyelimuti langkah


Ibu Petiwi…

Masih adakah celah?

Untuk menyimpan gelisah

Untuk menyembunyikan langkah

Tidak, Bu!

Meskipun celah berongga

Dada kita tetap menganga

Meskipun jari tersembunyi

Mata dan telinga tetap ada


Ingatlah…

Wahai Ibu Pertiwi

Kami..,

Putra putri bangsa akan melangkah

Dalam langkah satu dan satu

Bukan melompat

Setelah itu kami terjerat!

***

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

Sinar perjuangan nampak dari balik tirai kegelapan

Masa penderitaan tlah sirna

Tusukan sebilah kemiskinan moralitas

Terbang bersama debu nan hilang


Sinar harapan tlah muncul

Aura kebangkitan menyelubungi Indonesia

Menggema di setiap jiwa bangsa

Kokohkan persatuan raih kejayaan


Sinar keadilan menyongsong

Rakyat papa terangkat dan terlindungi

Tangis darah melebur menjadi tawa ceria

Bersatu padu membangun Indonesia emas

Menggapai puncak kemuliaan bangsa

***

Puisi-puisi ini aku tulis saat menjadi seorang MABA (mahasiswa baru) di Universitas Indonesia dengan mengikuti kegiatan OKK (orientasi kegiatan kampus). Puisi-puisi yang berjiwa nasionalis dan menunjukkan kepekaan kita terhadap bangsa ini.

Silakan berikan tanggapan ya buat puisi-puisiku ini ataupun tulisan-tulisan yang aku buat lainnya. Makasih \^^/

Posted in Jejak Pelangi

Duet Seniman Vs Politikus

PhotoFunia-31138

(betania n arif pose tampang dasar)

Pagi itu yang mendung dan berkabut, di kelas H 201, kita semua anak komunikasi mengikuti mata kuliah Dasar-Dasar Penulisan (DPP). Dosennya mau tau siapa??dosen yang fashionable dan keren banget, namanya Drs. Amelita Lusia, M.Si. Ohhh..Mba Amel,, u’re my inspriration!!!hohohoho… Dari beliau, aku belajar banyak tentang kepenulisan dan beliau juga yang memberikan energi positif untuk tetap menulis. Teng..teng..teng..ternyata hari ini kuliah DDP dibuat dua kali pertemuan karena Mba Amel, kamis depan nggak bisa ngajar. Hiks..sedih..T.T

Untungnya kita dikasih waktu untuk makan siang dan solat Dhuhur, pengertian bukan?. Hohoho… Aku dan Gandes, salah satu temenku dari Purworejo yang tinggal diasrama berencana membeli makan siang dulu dan kita menemukan “nasi padang” dengan nasi jumbo di Takoru. Akhirnya kita balik ke kelas, kita makan bareng di belakang. E…ada makhluk bernama Arif Hasibuan (waduhh bro, aku teringat nama marga-mu, gara-gara kamu cerita di halte waktu itu.hehehe ^_^) mendekat kepadaku. Hahaha..tanda-tanda nih, dia mau nembak aku!!!huueeekkk..ternyata salah meleset,,,dia naksir nasi padang-ku. Tidakkk…. Kita semua makan rame-rame deh nasi padang itu, ternyata senang juga kalo kita bisa berbagi (^_^). Huff.. kenyang..yummy..delicious..hohoho..

PhotoFunia-3833c

(betania n arif, pose tampang imut)

Beta : “Riph..foto-foto yukk..hahaha..lama nggak foto-foto…”

Arif  : ” Ayuukk…ayuukkk… “

Beta : ” Gayanya gimana iah??hmmm..pose tampang cupu..pose tampang pinter..pose tampang bego..pose tampang imut..pose tampang horor… “

Begitulah kami berdua, sibuk foto dengan berbagai pose. Sampai akhirnya kelas DDP dipindah ke H 502. Mari kita bergegas..hohoho…

Beta : ” Riph, gw bawa dulu ya, mo bluetooth dulu…”

Arif  : ” He eh.. sekalian aja bawa pulang hape gw, gratis hape yang satunya “

Beta : ” Hahaha…bisa ajah lo, Riph. Sekalian aja yang punya hape..hahaha!!!!”

PhotoFunia-36461

(wew…seneng ya, Rif, foto kita di publish ma Paris Hilton)

PhotoFunia-339a5

(hah..pose tampang imut kog ada dua sih??tapi beda editan.hahaha..)

PhotoFunia-3715b

(ini nih pose teraneh kita..tampang apa rif???hohoho..hanya kita yang tau..hahaha..)

PhotoFunia-3c64f

(betania n arif pose tampang manyun. uuuu…)

PhotoFunia-3ce42

(ternyata om-om ini nyimpen foto kita, Rif..gile kite terkenal, cing!)

PhotoFunia-3f805

Arif Syahputra Hasibuan…

Tinggi, putih, pake behel tapi kagak keliatan, kocak n nyebelin, pinter politik, ya begitulah adanya..

Orang Batak, tapi ngakunya perpaduan Bali-Lampung (keliatan banget bo’ongnya. Tapi aku percaya ajah. Gubrak!!!).

Sama-sama tinggal di asrama, dia masuk lewat jalur KSDI sedangkan aku PPKB. Setelah lulus dia bakal balik lagi ke daerahnya, yaitu MEDAN. Karena dia mengemban tugas mulai untuk memajukan daerahnya dan mentransfer ilmunya yang dia dapat di UI, Depok.

Pertama kali liat dia, waktu perkenalan anak-anak FISIP asrama yang diadain forkat (forum angkatan). Dia paling suka pake kaos ” WE ARE THE YELLOW JACKET” dengan warna kuning yang mentereng. Cowok yang punya tinggi 175 keatas, lebih tepatnya aku lupa berapa, huhuhu.. doyan banget iah ke acara-acara kayak semacam republik mimpi dan sebagainya. Biar masuk “tipi” katanya, hahaha.. =D

Arif…Arif…Arif.. Itulah dia, teman yang setia dikala senang dan sedih. Kawanku dari pulang seberang (^_^)

Posted in Jejak Pelangi

Fokus Pada Satu Titik

Huff…lama sekalii aku nggak mem-posting tulisanku di pelangiituku.wordpress.com, kangen pengin posting-posting berjuta-juta tulisan ato hasil jepretanku. Dengan kesibukan segudang, aku jarang menampilkan buah karya di blog ini, hanya membaca komentar dari teman-teman. Maaf ya, kalo belum sempat dibalas (^_^)

Akhirnya bisa bernama lega juga..Kemarin aku pusing banget, soalnya hari ini ada KUIS SSI (Sistem Sosial Indonesia) dan DDP (Dasar-Dasar Penulisan). Dua..dua..dua..dengan bahan yang seabrek. Mungkin lebai juga sih, biasanya juga nggak stres-stres amat. Alhamdulilah, aku bisa melaluinya dan ternyata!!!! DDP nggak jadi KUIS. Hahaha…aku udah ketawa-ketawa gitu di kelas (always cheerfull or hyperaktif ya aku ini?!?)

Langsung aja nggak usah terlalu basa basi, untuk ke depannya aku bakalan memfokuskan isi dari blogku ini mengarah kemana… Ke depan belok kiri lurus mentok trus belok kanan deh.. (hah?!? mau kemana nih??) Blog ini akan ngebahas tentang diriku, kegiatanku, apa yang ada di sekitarku. Tau kan maksudnya?!? Yups… tentang kegiatanku, mulai dari kuliahku, organisasiku, prestasiku; tentang universitasku, mulai hal-hal kecil yang ada di UI maupun hal yang bombastis; tentang keadaan disekitarku, aku akan menggambarkannya dalam bentuk tulisan maupun visual; dan sebagainya. Inilah blogku… Pelangi-Itu-Aku..

Buat kalian yang mau tau lebih jauh lagi tentang universitas Indonesia (UI) blog ini juga bisa membantu. Terutama yang mau masuk jurusan yang ada di FISIP. Di sini juga banyak info yang menambah pandangan kita semua.

Okehhh…nggak usah berlama-lama lagi. Selamat Membaca, semoga kalian semua terhibur dan mendapatkan manfaatnya. Hal yang tersulit adalah membagi pengalaman kita kepada orang lain. Hal ini yang harus ditumbuhkan saling berbagi karena di dunia ini kita nggak sendirian. Take care \^^/

Posted in Jejak Pelangi

Komunikasi UI 2008 “WE ARE ONE..GO, FIGHT,WIN!!!”

komui08

 

Inilah angkatanku di komunikasi UI. Jargon kita adalah We are one…Go, Fight, Win!!! Kita satu..Maju, Berjuang, Menang!!! Kita ada 144 orang di komunikasi dengan beberapa jalur, yaitu PPKB, UMB, SNMPTN, dan KSDI.

Foto ini adalah foto angkatan kita. Tapi sekarang semakin ke depan anak-anak yang ikut community makin berkurang, mereka keluar karena banyak alasan dan aku menghargai semua keputusan mereka, sebab apa yang mereka lakukan itu adalah yang terbaik untuk mereka.

Teng..teng..teng… 12 Januari 2009..di taun yang baru dengan semangat yang baru pula, aku dan teman-teman yang masih stay di community akan menunjukkan  semua potensi yang kita punya untuk membentuk komitmen dan sebuah kekompakan di antara angkatan kita.

Teman-teman…ayo, semangat!!!kita harus tunjukan ke senior 06 bahwa kita memang bener-bener satu, jangan cuman janji-janji doank. Mereka nggak minta janji yang bertele-tele dari mulut kita, tapi mereka cuman pengin aksi dari kita, revolusi dari kita, dan progress dari kita.

Buat temen-temen yang mudik…kalau bisa 11 Januari 2009 udah nyampe di Depok, karena besoknya kita bakalan tampil TV show, parodi iklan, salam kelompok, salam pribadi, yel-yel, dll.. Kita harus total karena sebagian besar teman-teman kita, “nametag” mereka di ambil sebagai jaminan!!! Semangat!!!! Buktikan bahwa jargon or slogan kita bahwa kita satu itu bener!!! Dan terbuktilah sudah 100 orang dari kita lolos masuk menjadi anggota HMIK. \^^/ Horee…